BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 12 April 2014

RENDER FARM

  

     Render Farm adalah suatu proses untuk mengubah model geometri menjadi suatu gambar, untuk rendering animasi atau image yang biasanya digunakan untuk keperluan pembuatan film dan visual-visual efek untuk siaran TV. dibangun menggunakan teknik clustering computer dimana clustering computer adalah menumpuk komputer sebanyak-banyak untuk memaksimalkan kinerja dalam mengolah citra dan grafis yang ingin dihasilkan, terutama dalam mengolah animasi. Komputer tersebut dibuat untuk menjadikan CGI atau bias disebut Comuter Generated Imager, dan biasanya digunakan untuk produksi fil dan efek-efek visual seakan-akan menjadi nyata.
     Render Farm memang hanya bisa dibuat oleh Rumah Produksi Raksasa seperti Pixar, Imax dan lainnya. Sementara untuk studio kecil, biasanya memiliki 'render farms' yang dibuat sendiri, tentunya dengan spesifikasi yang jauh lebih kecil. Biasanya render farm untuk studio kecil terdiri dari sekitar 14 komputer.

Tools
Yang dipakai adalah sebagai berikut:
1.      Yadra
Untuk membangun Render Farm dibutuhkan software untukmelakukan proses parallel rendering.yadra sangat efektif digunakan untuk merender animasi, sebab yadra bekerja dengan memcah dan mendistribusikan frame dari animasi kepada setiap komputer.
2.      Royal Render
Royal Render adalah aplikasi yang kuat untuk mengatur pekerjaan dalam render farm.Royal Render dibentuk oleh realitas keras dari proyek-proyek kecil dan besar.
3.      Rebust Farm
Pada Rebus Render Farm ini langsung menyediakan 1.700 CPU XEON untuk membuat animasi dan masih banyak gambar lagi.
4.      Render Core
5.      Render TITAN
6.      4D Render Farm
7.      Blender
Blender dapat digunakan untuk berbagai macam pengolahan digital, selain itu memiliki konsep tampilan freeetylecocok buat tiap individu untuk mendapatkan tampilan sesuai dengan keinginan masing-masing. Untuk mendapatkan performa yang baik dari render farm, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk membangun render farm, paling tidak dibutuhkan dua buah Komputer. Komputer pertama berperan sebagai ganda (client dan master) sedngkan yang kedua akan berperan sebagai Slave.

     Salah satu cara yang digunakan untuk mempercepat penyelesaian proses render adalah dengan menggunakan teknik Parallel komputer dengan menggunakan jaringan clustering. Parallel komputer merupakan teknik menggabungkan beberapa unit komputer sekaligus untuk mengerjakan proses yang telah dibagi-bagi secara bersamaan. Ide untuk menggunakan parallel komputer berawal dari permasalahan waktu proses render animasi 3D jika menggunakan satu komputer bisa memakan waktu yang cukup lama dan menghasilkan hanya sebuah hasil frame gambar dari proses rendering animasi 3D.

    Jika sebuah file animasi render yang diproses menggunakan proses parallel komputer atau dengan konsep jaringan cluster bisa menghasilkan waktu seoptimal mungkinjika sebuah file animasi render yang diproses menggunakan proses parallel komputer atau dengan konsep jaringan cluster bisa menghasilkan waktu seoptimal mungkin dan menghasilkan bagian-bagian frame dari proses rendering. Artinya setiap bagian-bagian dari proses rendering animasi tersebut diproses di komputer client dan waku yang dicatat dari proses tersebut disimpan di komputer master.

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Render_farm
http://tutorialblender3d.blogspot.com/2012/02/sedikit-kenal-render-farm.html
http://rtakumansang.blogspot.com/2012/10/render-farm.html

0 komentar: