BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 28 Februari 2011

Khasiat Coklat

Siapa sih yang nggak tau coklat ?
Coklat adalah makanan yang paling disukai anak kecil.
Bagai mana tidak?
Snack yang mudah dijumpai ini rasanya sangat enak dan lezat begitu menggoda ketimbang makanan sayur ato yang lainnya. Namun, tak hanya anak kecil saja, orang dewasa pun juga menyukai coklat, coklat dapat membuat dirinya begitu istimewa bagi pemakannya. Coklat pun tak hanya dapat dimakan saja. Coklat itu juga bisa dibuat menjadi minuman yang sangat enak.

Coklat juga dipercaya sebagai makanan pemanjang umur lho. antioksidan fenol yang terkandung dalam coklat adalah penyebab mengapa mereka bisa berusia lebih panjang. Fenol ini juga banyak ditemukan pada anggur merah yang sudah sangat dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan jantung. Coklat mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner dan kanker.

Hmm… tapi bagai mana ya sejarah coklat itu sehingga sampai begitu memikat hati banyak orang? Ini dia ceritanya …. J
Kata coklat berasal dari xocoatl bahasa ini berasal dari bahasa suku Aztec yang mempunyai arti minuman yang pahit. Mereka percaya bahwa Dewa Pertanian telah mengirimkan coklat yang berasal dari surga kepada mereka. Cortes kemudian membawanya ke Spanyol antara tahun 1502-1528, dan oleh orang-orang Spanyol minuman pahit tersebut dicampur gula sehingga rasanya lebih enak. Hmm… nyuummy…. Coklat kemudian menyebar di benua Eropa. Dan kemudian, pada tahun 1765 didirikanlah pabrik coklat di Massachusetts, Amerika Serikat.
Coklat yang enak ini ternyata kaya dengan antioxidant !!
 Ia membantu dalam pencegahan sakit jantung dan kangker.  Coklat hitam juga dikatakan mempunyai empat kali kadar catechins dan phenols berbanding teh. Nah, phenols itu dapat melindungi kita dari penyakit jantung. coklat mengandungi bahan seperti ubat penenang, yang menjadi penahan sakit dan meningkat tahap rasa sihat. Coklat keluarkan endorphins yang membuat kita rasa gembira.
            Pada coklat susu dan coklat pahit, terdapat kandungan gizi yang banyak. Heheheee… ternyata ga cuman enak ya. Pada coklat terdapat energi (Kal) 381 504, protein (g) 9 5.5,  lemak (g) 35.9 52.9, kalsium (mg) 200 98, fosfor (mg) 200 446, dan vit A (SI) 30 60.

            Huufff tapi harap perhatian yaaa……
Bagi orang yang rentan menderita batu ginjal, menkonsumsi 100 g coklat akan meningkatkan ekskresi oksalat dan kalsium tiga kali lipat. Wooww, tapi tenang.. jangan sedih dulu dan pergi meninggalkan coklat. Hal ini dapat kita akali dengan minum banyak air sehabis makan coklat.
           Wah, banyak banget manfaat kita makan coklat. Jadi coklat itu selain udah enak juga bermanfaat ya …

0 komentar: