BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 21 Februari 2011

Manfaat Pisang Bagi Kita

Hmmm…. Buah apa ya yang warnanya kuning, manis, panjang dan disukai banyak orang?? hayooo…???
Yaaayyyyy !!!!!!
Pisang adalah jawabannya !!
Ups , siapa coba yang ga suka pisang ?

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya seperti Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca, menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, disebut sisir.


Taukah anda kalau pisang itu sangat bermanfaat bagi kita ?
Pisang itu dapat mengembalikan energi kita ke tingkat puncak lho ! udah tau beloom ??
Banyak atlit atlit dunia yang sukses, dan setelah dicari tau ternyata mereka punya ramuan rahasia pembangkit stamina yang bernama pisang!! Makan 2 pisang itu aja terbukti dapat membangkitkan energi selama 90 menit. Makan 2 aja bisa tahan selama itu ya? apa lagi kalau atlitnya makan sesisir ya ?? wahhh …. Enaknya ramuannya…~
*lho? Emang buat atlit doang pisang itu ??
Hahaaaaa…. ~
Ya kaga lah….. Pisang itu tidak hanya buat membangkitkan tenaga dan stamina lho. Pisang itu juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil, karena kandungan asam folat di dalamnya mudah diserap oleh janin, juga baik bagi perkembangan sistem saraf janin dan mudah diserap melalui rahim. Untuk diet pisang dapat menurunkan berat badan apabila dicampur dengan susu rendah lemak, dan kulit kita pun jadi tidak berminyak alias bersih. Buat perokok, pisang mampu membantu perokok mengatasi kecandungan nikotin, karena kandungan B6 dan B12 di dalamnya membantu untuk menetralisir pengaruh nikotin, untuk kecantikan pisang biasa digunakan sebagai masker wajah, caranya dibuat bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, mengatasi rambut rusak dan menghaluskan tangan. Kandungan asam triptopthan yang diubah menjadi serotonin dapat mengatasi depresi dan stres, Sedangkan kandungan vitamin B6 di dalamnya, dapat mengatur kadar glukosa dalam darah yang dapat mengubah mood.
            Jika dari segi kesehatan, Pisang juga bisa untuk penderita anemia, karena mengandung zat besi tinggi. Penderita penyakit lever dengan mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat. Penyakit usus dan perut dan penetralan lambung, dicampur susu dapat pula dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Manfaat bagi penderita diabetes pada masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yang belum matang yang dikukus dan dicampur kelapa parut muda, merupakan makanan tambahan bagi orang yang menderita penyakit gula. Dan lain lain.. wooowww… banyakk….

            Untuk memilih pisang juga ga ribet kok, caranya pilih lah pisang yang kekuning kuningan, atau terdapat bercak coklat pada pisang. Karena pisang yang sudah matang itu lebih mudah dicerna oleh tubuh dari pada pisang yang belum matang. Karena kandungan buah pisang sangat banyak, terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan lain-lain, sehingga apabila orang hanya mengonsumsi buah pisang saja, sudah tercukupi secara minimal gizinya. Beragam jenis pisang yang ada di pasaran, ada pisang ambon, raja, kepok, pisang susu, dll-nya.
kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut: kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram (mg), serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, Vitamin B 0,08 mg, Vitamin C 3 mg dan air 72 gram.
Nah…. Tuh kan pisang itu sangat bermanfaat bagi kita. Makanya, hayoooo makan pisang!!! Mari kita jaga kesehatan…..
JJJ

0 komentar: